Panduan Manasik Haji dan Umrah Hidayah an Nasikin fi Manasik al Hajj wa al Umrah | Toko Buku Pesantren Panduan Manasik Haji dan Umrah Hidayah an Nasikin fi Manasik al Hajj wa al Umrah - Toko Buku Pesantren

Toka Buku Islam, Kitab Kuning, Buku Pesantren, Kitab Makna Ala Pesantren



Friday, 28 March 2014

Panduan Manasik Haji dan Umrah Hidayah an Nasikin fi Manasik al Hajj wa al Umrah

harga Rp. 30,000,-

Hidayah an Nasikin Fi Manasik wal Al 'Umrah
Panduan Manasik Haji dan Umrah

Tim Pembukuan Lajnah Bahtsul Masail
Pondok Pesantren Lirboyo Kediri
Penerbit : LBM P2L 2008M
ukuran : 14 x 21 cm ; 228 Halaman

Pada beberapa musim haji belakangan ini, rata-rata jutaan jamaah Haji secara bersamaan hadir di kota suci Makkah,. Mereka adalah umat islam dari lima benua, dengan menempuh jarak ribuan atau bahkan puluhan ribu kilometer dari kampung halamannya. Kaum muslimin dalam jumlah besar dan waktu bersamaan melakukan wukuf di Arafah, mabit di Musdalifah, mabit di Minan, melempar Jumrah, Thawaf, dan Sa'i anatara Shofa dan Marwa.
Pemeluk agama Islam di dunia yang terus bertambah, meningkatnya kemampuan ekonomi umat Islam, dan tersedianya transpostasi massa yang serba cepat menjadi faktor-foktor penyebab bertambahnya jumlah jamaah haji. Sebagai akibatnya, kaum muslimin berdesak-desakan di sejumlah titik yang dilalui dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Dimana kecelakaan dan jatuhnya korban rtidak dapat dihindari, bahkan seringkali memakan korban jiwa yang tidak sedikit.
Problematika baru terjadi disini, Dengan dalih untuk menghindari jatuhnya korban jiwa lebih lanjut, dan untuk meningkatkan kenyamaanan para jemaah haji, penguasa Hijaz (Mekkah, Madinah dan Tha'if) mengambil sejumlah langkah kontreversial, temasuk di antaranya penempatan jemaah haji Indonesia dan Turki saat mabit di Mina di sebuah kawasan di luar Mina, pelebaran jamarat, bahkan bertingkat sampai empat atau lima lantai dan yang terbaru adalah perluasaan tempat Sa'i.
Terkait dengan masalah di atas, sampai saat ini pro dan kontra masih berlangsung. Bukjan sekedar orisinillitas san statusnya sebagai situs-situs ibadah yang di npersoalkan, namun lebih pada persoalan hukum yang dipertanyakan keabsahannya secara syar'i.
Hadirnya buku "Hidayah an Nasikin Fi Manasik wal Al 'Umrah" salah satu tujuannya adalah membantu menyelesaikan problematika di atas. Karya tulis ini mencoba mengkomparasikan beberapa macam manasik haji, baik dari kitab-kitab mu'tabarah di lingkup madzahib al Arba'ah, maupun dari berragam buku manasij, sekaligus merangkum berbagai solusi permasalahn teraktual di dalamnya.
Harapan kami, buku ini menjadi Panduan Manasik Haji dan Umrah yang bermanfaat dan mempermudah jamaah Haji Indonesia dalam menunaikan ibadah haji dan Umrah demi mewujudkan cita-cita memperoleh haji yang mbrur yang diridloi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

No comments:

Post a Comment

Pecinta Buku Islam