Liberalisasi Islam di Pesantren | Toko Buku Pesantren Liberalisasi Islam di Pesantren - Toko Buku Pesantren

Toka Buku Islam, Kitab Kuning, Buku Pesantren, Kitab Makna Ala Pesantren



Sunday, 1 December 2013

Liberalisasi Islam di Pesantren

Harga : Rp 45.000,-

Judul Buku : Liberalisasi Islam di Pesantren
Penyusun : Mohammad Achyat Ahmad
Editor: Ahmad Dairobi
Tata Letak : @-yat
Perwajahan : alvaDesign
Cetakan I : Jumada Tsani 1434 H.
Tebal : 368 hlm.
Ukuran : 22 x 15.5 cm.
ISBN : 978-979-26-0436-8.


Saya melihat buku yang ditulis saudara Achyat Ahmad ini, khususnya di dua bab terakhir, bisa menggugah anak-anak pesantren agar bangkit melawan arus pemikiran Islam modern yang bertentangan dengan akidah Ahlusunah wal Jamaah. Hal itu sangat perlu, mengingat adanya beberapa anak pesantren yang justru latah dengan pemikiran kebarat-baratan, karena menganggapnya sebagai hal baru yang 'bergengsi'.
Kita harus mengakui bahwa Barat memang lebih maju di bidang teknologi dan sains, dan kita mesti banyak belajar mengenai hal itu dari mereka. Namun harus kita sadari pula bahwa Barat sangat jahilyah dalam hal moralitas. Oleh karena itu, dalam konteks pemikiran, filsafat ketuhanan dan filsafat moral, kita tidak boleh latah terhadap Barat. Dalam hal ini, mereka jauh berada di belakang dan di bawah kita.
Kecenderungan semacam ini bisa muncul jika identitas pesantren belum tertanam kuat dalam diri mereka. Di samping itu, ada semacam rasa kurang percaya diri yang menghinggapi anak-anak pesantren untuk berkiprah dan memasarkan pandangan hidup pesantren dalam segala lini kehidupan. Ini tidak boleh terjadi, karena mestipun watak dasar orang-orang pesantern adalah rendah hati, akan tetapi mereka tidak boleh rendah diri.

-- d. Nawawy Sadoellah, Katib Majelis Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri

No comments:

Post a Comment

Pecinta Buku Islam