Zubdatul Qowaid al Fiqhiyyah Pengantar Memahami Nadlom Faroidul Bahiyyah | Toko Buku Pesantren Zubdatul Qowaid al Fiqhiyyah Pengantar Memahami Nadlom Faroidul Bahiyyah - Toko Buku Pesantren

Toka Buku Islam, Kitab Kuning, Buku Pesantren, Kitab Makna Ala Pesantren



Friday, 25 October 2013

Zubdatul Qowaid al Fiqhiyyah Pengantar Memahami Nadlom Faroidul Bahiyyah

Harga:
Qawaidul Bahiyah I (Terjemah Faroidul Bahiyah) Rp. 55.000,-
- Qawaidul Bahiyah II (Terjemah Faroidul Bahiyah) Rp. 55.000,-

Zubdatul Qowaid al Fiqhiyyah
Pengantar Memahami Nadlom Faroidul Bahiyyah

oleh : Drs. Makshum Zain MA.
penerbit: Darul Hikmah
ukuran: 16 X23,5
Juz 1 : xii + 236 halaman
Juz 2 : xiii + 223 halaman









Dr. Musthofa al Zarqo, dalam kita al Madkhal al Foqhi mengatakan : "Seandainya kaidah fiqh tidak ada, maka hukum-hukum fiqh (furu') akan tetap menjadi ceceran-ceceran hukum yang secara lahir saling bertentangan satu sama lain"> Pernyataan beliau memang benar, sebab orang yang selalu berkutat mempelajari hukum fiqh secara parsial (sepotong-sepotong) dengan tanpa menguasai kaidah fiqhnya, maka ia akan merasa adanya kontradiksi antara satu hukum edngan hukum yang lainnya. Bersamaan karakter permasalahan yang dihadapi itu sama tetapi ketentuan hukumyang ditimbulkan berbeda. Salah satu solusi untuk menghilangkan solusi dan mengurai benang kusut di atas adalah dengan menguasai kaidah-kaidah fiqh.

Kitab al faroid al bahiyah adalah salah satu kita yang menjelaskan kaidah kaidah fiqh, karya Sayyid Abu Bakan al ahdali al Yamani asy Syafi'i. Dalam kitab ini disebutkan 5 kaidah kubro, 40 kaidah juz'iyyah dan 20 kaidah yang mukhalafah, diharapkan dengan menguasai kaidah di atas seorang mampu menguasai rumusan- rumusan kaidah fiqh beserta contoh-contoh persoalan serta pengecualian yang dicakupnya.

Buku Zubdatul Qowaid al Fiqhiyyah, yang ditulis Drs. Makshum Zain MA. ini merupakan sebuah kitab pengatar dalam memahami kitab al Faroid al Bahiyyah, yang di dalam setiap uraian, keterangan dan catatannya selalu disertai referensi-referensi dari berbagai kitab syarah. DEngan adanya buku ini intidari kaidah-kaidah fiqh insyaAllah bisa dengan mudah dipahami.  

Terjemah Faroidul Bahiyyah










No comments:

Post a Comment

Pecinta Buku Islam