Tafsir Maqoshidi Kajian Tematik Maqoshid al Syariah | Toko Buku Pesantren Tafsir Maqoshidi Kajian Tematik Maqoshid al Syariah - Toko Buku Pesantren

Toka Buku Islam, Kitab Kuning, Buku Pesantren, Kitab Makna Ala Pesantren



Wednesday, 9 October 2013

Tafsir Maqoshidi Kajian Tematik Maqoshid al Syariah

Harga Rp. 35,000, -

Judul: TAFSIR MAQOSHIDI Kajian tematik maqashid al syariah
karya : Forum Karya Ilmiyah Ahla Shuffa 103, Purna Siswa Pondok Pesantren Lirboyo 2013
ukuran : V + 288 halaman : 16 X 24 cm

Pengantar:

Akhir-akhir ini banyak dari sebagian orma Islam INdonesia begitu mudahnya menafsirkan al Quran, tanpa memperhatikan beberapa syarat-syarat  mpenafsiran al Quran yang harus terpenuhi. Buku ini sebgai besar isinya diadopsi dari kitab-kitab tafsir yang diakui menurut akidah ahlu sunnah wal jama'ah. InsyaAllah apa yang dihasilkan ini dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan pengambilan dari sumber yang dapat dipercaya.

KH. Ahmad Idris Marzuqi
Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri


Ma'khadz (dasar pengambilan) dalam buku ini bersumber pada kitab-kitab tafsir terpercaya, seperti al Thobari, al Qurthubi, al Rozi dan lan sebagainnya. Apa yang dilakukan aktifis muda pesantren ini menunjukan menafsirka al Quran tidak semudah membalikkan tangan. Kita tidak boleh sembarangan menafsiri ayat al Quran sekenanya saja, melainkan harus berdasarkan bukti-bukti ilmiyah yang dapat dipertanggungjawabkan. kehadiran buku ini sekaligus menggugah para aktifis pesantren yang selama ini identik dengan kajian fiqh agar sedikit benyak memperdalam kajian tafsir al Quran yang kurang mendapatkan perhatian lebih dari mereka.

KH. Maimoen ZUbair
Pengasuh Pondok Pesantren al Anwar Sarang


Dalam buku ni terlihat jelas kombinasi abtara ayat al Quran dan kebutuhan pokok sendi kwhidupan yang biasa disebut maqashid al syariah yang meliputi menjaga agaman, kelanngsungan hidup, harta benda, kehormatan dan keturunan. Meski secara acak namun kelima aspek tersebut terkandung dala al Quran sebab pada dasarnya al Quran sendiri mencakup tiga item pembahasan. Pertama, ahkam i'tiqadiyyah (setiap hal yang berkaitan dengan keyakinan atas keberadaan Allah sebagai tuhan alam semesta, para malaikat, berbagai kitab suci, para utusan dan datangnya hari akhir) Kedua, Ahkam Khuluqiyyah (setiap hal yang berkaitan dengan penerapan etika dalam melangsungkan kehidupan baiketika bersifat vertikal maupun horisontal) Ketiga, Ahkam al Amaliyyah ( SEtiap hal yang berkaitan dengan tindakan riil baik dalam lingkup ibadah maupun interaksi sosial).

KH. Azizi Hasbullah
Perumus FMPP dan PWNU JAtim

No comments:

Post a Comment

Pecinta Buku Islam