Mukjizat Intropeksi Diri Kunci Sukses Dunia Akhirat | Toko Buku Pesantren Mukjizat Intropeksi Diri Kunci Sukses Dunia Akhirat - Toko Buku Pesantren

Toka Buku Islam, Kitab Kuning, Buku Pesantren, Kitab Makna Ala Pesantren



Friday, 18 October 2013

Mukjizat Intropeksi Diri Kunci Sukses Dunia Akhirat

Harga Rp. 25.000,-

Mukjizat Intropeksi Diri Kunci Sukses Dunia Akhirat
karya : Husai Naguib Muhammad al Masawi al Amili
judul asli : Kayfa Tukhasib Nafsak-a; Burnamaj 'Amaliy li Tahqiq-i Ahdaf al Dunya wa al akhirat
penerjemah: Nia Rolania
Penerbit : Azhar Risalah
ukuran : xii + 114 hal; 12,5 X 18 cm

Segala peristiwa dan kejadian yang berlalu perlu kita renungi untuk kita instropeksi diri, kita nilai atau bahkan kita rancang lagi menjadi baru seperti sedia kala. Jika setia tahun nya sebuah perusahaan atau yasasan mengadakan evaluasi tahuanan guna mengetahui keuntungan dan kerugian, teramsuk juga mencari kesalahan yang lewat untuk diperbaikinya, maka sepatutnya hal itu kita praktekkan dalam kehidupan kita, karena kehidupan dunia tak ubahnya tempat perdagangan orang-orang saleh, dunia membuat kita hidup di antara untung dan rugi; kebahagiaan akan diraih oleh orang yang mengakhiri kehidupanya dengan kesuksesan akhirat, sedangkan kemelaratan akan mendera orang yang mengakhiri kehidupanya denga kerugian.
Setiap perbuatan, baik perkataan maupun pikiran, harus selalu kita instropeksi setiap hari, atau bila perlu setiap waktu. Allah SWT telah brfirman:

يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا ۚ أَحْصَاهُ اللَّهُ وَنَسُوهُ ۚ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ
Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.
(QS. al Majadilah 6)

dalam firman yang lain disebutkan:
Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".
(QS. al Kahfi 49)

Sebgaimana Allah SWT dan Rasulullah saw. beserta orang-orang mukmin yang lain aka melihat amal perbuatan kita. Hal ini ditegaskan dalam al Quran: QS. al Taubah 105;

Dan akan datang hari di mana kita di hisab di depan Allah, kita semua akan di adili oleh didikita maing-masing.
Allah SWT berfirman:
اقْرَأْ كِتَابَكَ كَفَىٰ بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيبًا
"Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu".
(QS. al Isra 14)

Pada intinya, setiap manusia mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan instropeksi. Seperti bulan Ramadhan dalam setahun, hari jumat dalam seminggu, dan juga rentang waktu sebelum tidur dalam sehari. Sudah selayakanya kesempatan itu kita jadikan momen utuk instropeksi dan merenungi diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

Pecinta Buku Islam