Menelaah Pemikiran Agus Mustofa Koreksi Terhadap Serial Buku Diskusi Tasawuf Modern | Toko Buku Pesantren Menelaah Pemikiran Agus Mustofa Koreksi Terhadap Serial Buku Diskusi Tasawuf Modern - Toko Buku Pesantren

Toka Buku Islam, Kitab Kuning, Buku Pesantren, Kitab Makna Ala Pesantren



Tuesday, 29 October 2013

Menelaah Pemikiran Agus Mustofa Koreksi Terhadap Serial Buku Diskusi Tasawuf Modern

Harga : Rp 60.000,-

Judul Buku : Menelaah Pemikiran Agus Mustofa
Penulis : A. Qusyairi Ismail; Moh. Achyat Ahmad
Editor : Moh. Achyat Ahmad
Tata Letak : @-yat
Perwajahan : Daydia
Cetakan III : Dzul Hijjah 1433 H.
Tebal 418 Hlm.
Ukuran : 20 x 16 cm.
ISBN : 978-979-26-0431-3


Ada dua poin penting yang menjadi isi kandungan buku ini. Pertama, buku ini membantu merumuskan teori-teori pemikiran yang dibangun oleh Agus Mustofa dalam seluruh serial buku diskusi tasawuf modern. Sebab dalam melakukan kajian, Agus Mustofa tidak merumuskan suatu teori pemikiran apapun yang dianutnya, selain metode puzzle yang masih teramat global, dan tidak cukup memadai untuk dapat memahami jalan pemikiran beliau secara utuh.
Hal ini penting dilakukan, sebab teori berpikir merupakan representasi dari suatu keyakinan yang terpendam dalam diri setiap penulis, termasuk Agus Mustofa. Karenanya setiap pemikiran yang dilontarkan oleh Agus Mustofa pada dasarnya merupakan pantulan dari keyakinan-keyakinan tertentu (ideologi) yang beliau yakini akan kebenarannya secara absolut.
Kedua, buku ini melakukan pembedahan ulang terhadap tema-tema fundamental dalam Islam yang dibedah oleh Agus Mustofa dalam setiap serial buku diskusi tasawuf modern. Buku ini kembali mengkaji tema-tema itu secara ilmiah, dengan mendasarkannya pada rujukan-rujukan yang otoritatif, lalu menunjukkan titik-titik kelemahan pemikiran Agus Mustofa dan ketidak-absahan kesimpulan-kesimpulan yang tertuan dalam serial buku diskusi tasawuf modern.
Sebab bagaimanapun, tema-tema yang diangkat dalam serial buku diskusi tasawuf modern adalah tema-tema fundamental dalam Islam yang termasuk dalam kategori metafisik, seperti alam akhirat, surga, neraka, penciptaan, takdir, pahala, siksa, perjalanan spritual Nabi, dan semacamnya, sehingga kesimpulan pemahaman terhadapnya akan janggal jika pendekatan kajian yang digunakan tidak memadai, apalagi cacat, secara ilmiah.

No comments:

Post a Comment

Pecinta Buku Islam