Santri Lirboyo Menjawab


Buku ini memuat sekumpulan hasil kajian masalah kekinian yang merujuk pada referensi salaf (baca; kitab kuning). Forum kajian yang akrab kita sebut dengan ’Bahtsu Masa`il’. Sebuah forum diskusi ilmiah ala pesantren yang berakar dari tradisi lembaga Nahdlatul Ulama yang berasaskan ahl sunnah wa al-jama'ah.
Buku ini beda, sebab buku ini bukan sekedar tanya jawab. Dalam buku ini, latar belakang dan kronologi penetapan hukum dipaparkan dengan gamblang, dan disimpulkan dengan singkat, disertai dengan dalil dari al-Qur`an dan hadits. Tak lupa, referensi dari kitab-kitab salaf juga dicantumkan secara lengkap sebagai bahan kajian yang memadai.


”Jawaban-jawaban dalam buku ini telah didiskusikan secara mendalam pada forum Bahtsul Masa`il. Sehingga, insyaAllah isi buku ini dapat dipertanggung- jawabkan sesuai dengan sumber-sumber dari khazanah islam salaf.”
KH. A. Idris Marzuqi
Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri,
Musytasyar PBNU

"Sebagai majmu’ah bahtsul masa’il, buku ini dikemas dengan metode baru , tidak lagi asal menjawab pertanyaan sesuai nashshus su`aal. Namun disetai uraian latar belakang pertanyaan dan pertimbangan-pertimbangan jawabannya. Sehingga, buku ini bukan sekedar rangkuman jawaban atas berbagai pertanyaan fiqhiyyah, namun sudah merupakan buku utuh yang sangat pantas dibaca dan dinikmati.”
Dr. KH. Musthofa Bisri
Pimpinan Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin Rembang,
Wakil Rais Am PBNU


Santri Lirboyo Menjawab


Majmu’ah Hasil Bahtsul Masa’il
407 x viii halaman
16 x 24 cm
ISBN : 978-602-97112-1-9
Harga : Rp. 45.000,-








0 comments

Leave a Reply






HOME | CONTACT | Index Buku Islam | Ongkos Kirim | Penerbitan | LINK